Career Preparation Training

  • 26/Sep/2018
  • 18:17
  • Event


Career Preparation Training adalah suatu pelatihan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa Teknik Kimia FTI-ITS, khususnya tahun keempat untuk mengenal karakter diri sendiri, mengetahui karakter yang dibutuhkan perusahaan, serta melatih kemampuan berbicara di depan publik melalui simulasi wawancara kerja, focus group discussion, pembuatan CV, dan managerial. Acara Career Preparation Training diadakan pada tanggal 17 – 18 Februari 2018 di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat ITS. Pembicara pada  acara ini merupakan alumni dari Teknik Kimia FTI-ITS dan Teknik Industri FTI-ITS yang telah mengerti banyak tentang urutan seleksi kerja, Pembuatan CV, Self Branding, Career Plan, Job Interview dan Focus Group Disccussion. Pembicara tersebut ialah Bapak Guntoro, S.T., M.M. dari PT. Semen Indonesia. Kemudian, Bapak Himawan Ramadhan Auditiardy, S.T. dari Adhijaya Engineering, Bapak Mochammad Zaifudin, S.T. dari PT. Unilever Indonesia, dan Ibu Dewie Saktia Ardiantono, S.T., M.T. dari Dosen Manajemen Bisnis ITS. Kegiatan ini dihadiri oleh 60 peserta dari mahasiswa Teknik Kimia FTI-ITS angkatan 2014.

Pada hari pertama, kegiatan dimulai pada pukul 09.15 dengan pembukaan dari MC dan sambutan dari Ketua Pelaksana Career Preparation Training, yaitu Naufal Ahmad Murtadho, dilanjutkan dengan sambutan dari Head of HIMATEKK FTI-ITS 2017/2018, yaitu Moh. Rifan Taufiqurrahman, dan dilanjutkan sambutan dari perwakilan Departemen Teknik Kimia yaitu Bapak Fadlilatul Taufany, S.T., Ph.D. Kemudian, peserta mengisi pre test selama 15 menit. Setelah itu, penyampaian materi pertama tentang Career Plan dari Bapak Himawan Ramadhan Auditiardy. Bapak Audit menjelaskan mengenai proses dan tahapan seleksi kerja secara umum. Selain itu juga Bapak Audit menjelaskan tentang career plan. Lalu, dilanjutkan dengan istirahat makan siang. Kemudian, dilanjutkan materi kedua tentang Curriculum Vitae (CV) oleh Ibu Dewie Saktia Ardiantono. Pada materi kedua ini, Ibu Dewie menjelaskan tentang tata cara membuat CV yang baik dan benar, beliau juga memberikan beberapa format CV dan juga resume dari beberapa standar perusahaan. Selain itu Ibu Dewie juga memberikan tips and trick agar CV kita dapat lolos dalam tahap seleksi administrasi.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai pada pukul 09.00 dengan pembukaan dari MC dan dilanjutkan dengan materi oleh Bapak Mochammad Zaifudin dari PT Unilever Indonesia dan Bapak Guntoro dari PT Semen Indonesia. Penyampaian materi pertama tentang proses seleksi kerja secara umum dan job interview dari pembicara. Bapak Zaifudin menjelaskan mengenai proses dan tahapan seleksi kerja secara umum dan juga memberikan hint kepada peserta apa saja yang harus dilakukan dan harus dihindari saat proses interview. Selain itu Bapak Zaifudin juga memberikan simulasi interview kerja kepada dua peserta yang terpilih berdasarkan CV terbaik yang telah dibuat peserta. Lalu, dilanjutkan dengan istirahat makan siang. Kemudian, dilanjutkan materi kedua tentang Focus Group Discussion oleh Bapak Guntoro. Pada materi kedua ini, Bapak Guntoro menjelaskan tentang apa itu Focus Group Discussion, beliau juga menjelaskan apa saja yang seharusnya dipersiapkan sebelum mengikuti FGD dan apa saja yang harus dilakukan ketika melakukan FGD. Kemudian, dilanjutkan simulasi Focus Group Discussion itu sendiri. Pada simulasi peserta diamati dan diberikan masukan-masukan oleh pemateri secara langsung. Sesi tanya jawab dilaksanakan langsung ketika materi pertama dan materi kedua berlangsung. Para peserta terlihat antusias dalam mengikuti acara. Hal itu terlihat dari banyaknya yang mengangkat tangan saat diberi kesempatan bertanya. Setelah itu peserta mengisi feedback dan post test selama kurang lebih 10 menit pada akhir pelatihan ini.