ISO TRAINING with DECRA

  • 26/Sep/2018
  • 16:20
  • Event

Acara ISO TRAINING diadakan pada tanggal 05 – 06 Mei 2018 di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lt. 1 ITS dan Ruang Seminar Perpustakaan Lt. 2 ITS. Acara ini diisi oleh 2 orang trainer dari lembaga sertifikasi ternama, yaitu PT Decra Group Indonesia dengan jenis standarisasi, yaitu ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, dan ISO 45001:2018. Trainer tersebut ialah Bapak Sholichin Agung Darmawan dan Bapak Yulius Untung. Kegiatan ini dihadiri oleh 114 mahasiswa Teknik Kimia FTI-ITS tahun akhir, baik S1 Reguler maupun LJ dan 7 karyawan Teknik Kimia FTI-ITS. Peserta dibagi ke dalam dua ruangan, setiap ruangan terdiri dari 61 dan 60 peserta.

Pada hari pertama, kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB dengan pembukaan dari MC. Kemudian dilanjut dengan sambutan dari Ketua Pelaksana ISO TRAINING yaitu Monica Febriana Putri dan dilanjutkan sambutan dari Head of HIMATEKK FTI-ITS 2017/2018, Moh. Rifan Taufiqurrahman, serta dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Departemen Teknik Kimia FTI-ITS, yaitu Ibu Dr. Lailatul Qadariyah, S.T., M.T. di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lt. 1 ITS. Sedangkan, pada Ruang Seminar Perpustakaan Lt. 2 ITS, sambutan dimulai dari Section Head of Competency Development Department, yaitu M. Rizky Prasetya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Vice Head of HIMATEKK FTI-ITS 2017/2018, Adith Triady. Setelah itu, para peserta mengisi pre test selama kurang lebih 10 menit. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi materi pertama yaitu Management System Principle oleh trainer masing – masing, yaitu Bapak Sholichin Agung Darmawan di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lt. 1 ITS dan Bapak Yulius Untung di Ruang Seminar Perpustakaan Lt. 2 ITS. Lalu, pada pukul 10.15 WIB, dilanjutkan dengan Coffee Break I, para peserta dapat beristirahat selama 15 menit untuk pembagian roti dan susu. Lalu, dilanjut dengan sesi materi kedua, yaitu Context of Organization. Setelah sesi materi kedua selesai, dilanjutkan dengan ISHOMA pada pukul 12.00 – 13.00 WIB. Setelah ISHOMA, dilanjutkan dengan sesi materi ketiga, yaitu Risk Management. Setelah sesi ketiga selesai, dilanjutkan dengan Coffee Break II. Kemudian dilanjutkan simulasi dari penerapan sesi materi ketiga hingga pukul 16.30 WIB. Sesi tanya jawab dilaksanakan langsung setelah setiap pembicara menyampaikan materi dan dilanjutkan dengan pengisian lembar feedback oleh peserta.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan waktu yang sama yaitu pukul 08.30 WIB. Sesi Materi pertama yaitu Support oleh trainer masing-masing, yaitu Bapak Yulius Untung di Ruang Seminar Perpustakaan Lt. 2 ITS dan Bapak Sholichin Agung Darmawan di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lt. 1 ITS. Lalu, pada pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan Coffee Break I, para peserta dapat beristirahat selama 15 menit untuk pembagian roti dan minuman. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi kedua, yaitu Operational Control lalu dilanjut dengan simulasi total pada pukul 11.00 WIB, yaitu dengan melakukan pemeriksaan laboratorium-laboratorium yang ada di Teknik Kimia FTI-ITS, yaitu Laboratorium Analisis Instrumentasi, Laboratorium Teknik Kimia, Laboratorium Proses, Laboratorium Elektrokimia dan Korosi, Laboratorium Mixing, Laboratorium Mikrobiologi, dan Laboratorium Biokimia oleh peserta yang sudah dibagi menjadi kelompok sejumlah laboratorium yang menjadi media simulasi total. Kemudian, dilanjutkan dengan ISHOMA pada pukul 12.00-13.00 WIB. Setelah ISHOMA, dilanjutkan dengan diskusi dan mempresentasikan hasil dari simulasi total yang telah dilakukan. Kemudian, dilanjutkan dengan Coffee Break II. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi materi terakhir, yaitu Performance and Improvement hingga pukul 15.30 WIB. Sesi tanya jawab dilaksanakan langsung setelah setiap pembicara menyampaikan materi. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi pemberian kenang-kenangan kepada kedua trainer dan sesi foto bersama. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pengisian post test selama 15 menit lalu dilanjut dengan pengisian lembar feedback oleh peserta.